Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online

Title: Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online
Published by: ECPAT Indonesia
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 62

Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online bagi Organisasi Perlindungan Anak dan Komunitas bisa menjadi acuan dalam mencegah dan menangani masalah kejahatan seksual anak online. Modul ini juga bisa dipergunakan oleh tim Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat sebagai acuan dalam mengembangkan pelatihan-pelatihan di desa untuk mencegah terjadinya kejahatan seksual online.

 

3033 Downloads

Antisipasi Hoaks

Title: Antisipasi Hoaks
Series:
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Banyak orang yang media sosialnya dipenuhi dengan informasi hoaks, dan sebenarnya banyak informasi hoaks yang mudah dikenali karena informasinya sendiri tidak masuk akal. Pada umumnya informasi hoaks juga memiliki beberapa ciri yang bisa kita perhatikan seperti sebagai berikut: Diawali dengan kata sugestif dan heboh, Kerap mencatut nama tokoh atau lembaga terkenal, Terdengan tidak masuk akal, Tidak muncul di media-media arus utama, Biasanya disertai dengan penulisan huruf capital dan tanda seru.

1870 Downloads

Petunjuk Pengelolaan PATBM Bagi Organisasi Pemda

Title: Petunjuk Pengelolaan PATBM Bagi Organisasi Pemda
Published by: KPPPA
Release Date: 2017
Genre:
ISBN13: 978-602-6571-20-5

Buku ini menjelaskan bahwa Perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat merupakan urusan wajib yang harus diselenggarakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah [termasuk pemerintah kanbupaten/kota]. Kewajiban tersebut ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, pasal 9 dan 12. Kewajiban pemerintah dalam menyelenggarakan perlindungan anak juga telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 pasal 22 yang menegaskan bahwa negara, pemerintah, dan pemerintah daerah [termasuk pemerintah kabupaten/kota] berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan dukungan sarana, prasarana, dan ketersediaan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Pedoman ini dibuat untuk menyediakan panduan umum bagi pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memulai, mengembangkan, dan memelihara keberlanjutan PATBM dalam perlindungan anak di wilayahnya. Sifat panduan umum ini memberi ruang untuk pengembangan dalam melaksanakan langkah-langkah tersebut yang disesuaikan dengan situasi dan peluang kreativitas yang muncul di daerah. Untuk mempermudah para pengelola, panduan ini juga dilengkapi dengan penjelasan mengenai apa itu PATBM.

337 Downloads

Buku Pintar Pemilu Seri Pertama

Title: Resensi Buku Pintar Pemilu Seri Pertama
Series:
Published by: Kemenkominfo
Release Date: Maret 2019
Contributors: Siap Bangun Negara, Abror Fauzi, Yuli Nurhanisah, Titania Nurrahim, Muhammad Ikhsan, Rokayah, dan Lestari
Genre:
Pages: 51

Pada tahun ini, terdapat 20 sampai 30 persen jumlah suara pemilih pemula dari totaljumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya, dimana sebagian pemilih masih belummengerti dan memahami tata cara memilih.

Booklet infografis Buku Pintar Pemilu 2019 Seri Pertama: Cerdas Memilih di Pemilu2019 serta Profil Capres-Cawapres dan Partai iolitik ini akan mengupas tuntas mengenai syarat-syarat pemilih, tata cara pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta memperkenalkan profil partai peserta yang mengikuti pemilu 2019.

409 Downloads

Survey Penggunaan TIK 2017

Title: Survey Penggunaan TIK
Published by: Balitbang Kemkominfo
Release Date: 2017
Contributors: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Genre:
Pages: 30

Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan “Survei Penggunaan TIK serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat”. Survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran nyata tentang penggunaan TIK serta aspek – aspek sosial budaya yang dipengaruhi dan memengaruhi  penggunaannya oleh  rumah tangga dan individu. Berdasarkan hasil survei, telah tersusun data komprehensif yang mencakup kepemilikan dan penggunaan perangkat TIK. Selain itu, hasilnya juga menunjukkan implikasi penggunaan perangkat TIK terhadap aspek sosial budaya, serta penggunaan media sosial dan instant messaging di wilayah urban dan rural Indonesia.

 

2746 Downloads

Media Sosial untuk Advokasi Publik

Title: Media Sosial untuk Advokasi Publik
Published by: ICT Watch
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 77
ISBN13: 978-602-51324-4-5

Media sosial kini memegang peran penting dalam advokasi kegiatan publik dan mendorong inisiasi gerakan sosial. Buku ini menyajikan panduan bagi organisasi masyarakat sipil (CSO) dan komunitas di Indonesia untuk membangun kapasitas dan kapabilitas yang memadai dalam menyusun strategi, menyiapkan taktik dan melakukan aksi yang efektif dalam memaksimalkan media sosial agar memberikan dampak yang tepat sasaran.

 

3793 Downloads

Media Sosial

Title: Media Sosial
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Pemanfaatan aplikasi yang paling besar di era internet sekarang adalah pemanfaatan aplikasi media sosial. Beberapa ciri media sosial adalah memungkinkan setiap orang untuk membuat akun, adanya halaman profil untuk setiap pengguna yang menyajikan data pengguna, fitur untuk membuat konten dan membagikannya, interaksi dengan pengguna lain yang dapat dilakukan melalui memberi komentar dan tombol like, adanya tanda waktu dari setiap postingan dan lain-lain. Saat ini terdapat ratusan aplikasi media sosial yang ada di internet.

909 Downloads

Literasi Game Untuk Remaja & Dewasa

Title: Literasi Game Untuk Remaja & Dewasa
Published by: Lembayung Embun Candikala
Release Date: 2018
Genre:
ISBN13: 978-602-5686-25-2

Sebagai makhluk bermain, manusia memperoleh banyak manfaat dari kegiatan bermain. Videogame tidak lagi menjadi monopoli anak-anak, namun juga dewasa. Videogame tidak lagi medium untuk mengisi waktu luang di akhir pekan, namun sudah menjadi kebutuhan yang dimainkan saat jeda aktivitas. Kelompok usia dewasa awal dapat memainkan videogame bahkan saat waktu kuliah atau kerja. Videogame dapat menjadi hal yang tidak terlepaskan dalam hidup kita. Untuk itu, literasi terkait videogame juga perlu disosialisasikan kepada orang dewasa, khususnya dewasa awal. Paparan videogame tentu berdampak bagi pemainnya. Karena itu literasi terkait videogame juga perlu dikaitkan dengan konteks dan kebutuhan orang dewasa. Videogame merupakan aspek yang tidak bisa lepas, sehingga tidak bisa dilarang. Untuk itu perlu pemahaman juga untuk mengoptimalkan peran bermain videogame dalam kehidupan dewasa. Diharapkan, panduan yang merupakan bagian dari Seri Literasi Digital Japelidi ini, dapat memberikan sedikit arahan bagi kita untuk memahami dan memaksimalkan videogame dalam kehidupan sehari-hari.

886 Downloads

Buku Pintar Pemilu Seri Kedua

Title: Buku Pintar Pemilu Seri Kedua
Series:
Published by: Kemenkominfo
Release Date: Maret 2019
Contributors: Siap Bangun Negara, Abror Fauzi, Yuli Nurhanisah, Titania Nurrahim, Muhammad Ikhsan, Rokayah, dan Lestari
Genre:
Pages: 61

Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di mana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung. Sebagai negara yang menjalankan sistem politik demokrasi, sudah seharusnya Indonesia mengadakan pemilu, sebab itu menjadi prasyarat berjalannya sistem tersebut. Bangsa Indonesia telah menyelengarakan pemilu sejak zaman kemerdekaan dan sudah melalui beberapa macam zaman pemerintahan.

Melalui booklet infografis Buku Pintar Pemilu 2019 Seri Kedua: Tata Cara Pemilu 2019 dan Sejara Pemilu di Indonesia, sejarah mengenai jalannya pemilu di Indonesia akan diringkas dalam bentuk infografis. Tidak hanya itu, buku ini juga akan membahas mengenai fakta seputar pemilu 2019.

397 Downloads

Web We Want (Pintar Internet bagi Pemuda/i)

Title: The Web We Want for Students
Published by: ICT Watch
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 52
ISBN13: 978-602-51324-3-8

Luasnya ranah informasi tanpa batas di internet sudah sepantasnya menjadi tempat bermain dan sumber kreativitas bagi anak muda. Anak diajak belajar tentang hak di ranah online dan berkreasi dengan sumber-sumber dari internet. Suara anak dan remaja di tanah air dan dunia tentang internet muncul dengan bahasa yang ramah, ibarat teman akrab yang berbagi bersama sebagai perwujudan dari ‘the Web We Want’.

 

6761 Downloads