Survey Penggunaan TIK 2017

Title: Survey Penggunaan TIK
Series:
Published by: Balitbang Kemkominfo
Release Date: 2017
Contributors: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Genre:
Pages: 30

Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan “Survei Penggunaan TIK serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat”. Survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran nyata tentang penggunaan TIK serta aspek – aspek sosial budaya yang dipengaruhi dan memengaruhi  penggunaannya oleh  rumah tangga dan individu. Berdasarkan hasil survei, telah tersusun data komprehensif yang mencakup kepemilikan dan penggunaan perangkat TIK. Selain itu, hasilnya juga menunjukkan implikasi penggunaan perangkat TIK terhadap aspek sosial budaya, serta penggunaan media sosial dan instant messaging di wilayah urban dan rural Indonesia.

 

4155 Downloads

Media Sosial untuk Advokasi Publik

Title: Media Sosial untuk Advokasi Publik
Published by: ICT Watch - Indonesia (www.ictwatch.id)
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 77
ISBN13: 978-602-51324-4-5

 

Cek update buku ini di http://internetsehat.id/literasidigital/

Media sosial kini memegang peran penting dalam advokasi kegiatan publik dan mendorong inisiasi gerakan sosial. Buku ini menyajikan panduan bagi organisasi masyarakat sipil (CSO) dan komunitas di Indonesia untuk membangun kapasitas dan kapabilitas yang memadai dalam menyusun strategi, menyiapkan taktik dan melakukan aksi yang efektif dalam memaksimalkan media sosial agar memberikan dampak yang tepat sasaran.


 

6360 Downloads

Media Sosial

Title: Media Sosial
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Pemanfaatan aplikasi yang paling besar di era internet sekarang adalah pemanfaatan aplikasi media sosial. Beberapa ciri media sosial adalah memungkinkan setiap orang untuk membuat akun, adanya halaman profil untuk setiap pengguna yang menyajikan data pengguna, fitur untuk membuat konten dan membagikannya, interaksi dengan pengguna lain yang dapat dilakukan melalui memberi komentar dan tombol like, adanya tanda waktu dari setiap postingan dan lain-lain. Saat ini terdapat ratusan aplikasi media sosial yang ada di internet.

8812 Downloads

Literasi Game Untuk Remaja & Dewasa

Title: Literasi Game Untuk Remaja & Dewasa
Published by: Lembayung Embun Candikala
Release Date: 2018
Genre:
ISBN13: 978-602-5686-25-2

Sebagai makhluk bermain, manusia memperoleh banyak manfaat dari kegiatan bermain. Videogame tidak lagi menjadi monopoli anak-anak, namun juga dewasa. Videogame tidak lagi medium untuk mengisi waktu luang di akhir pekan, namun sudah menjadi kebutuhan yang dimainkan saat jeda aktivitas. Kelompok usia dewasa awal dapat memainkan videogame bahkan saat waktu kuliah atau kerja. Videogame dapat menjadi hal yang tidak terlepaskan dalam hidup kita. Untuk itu, literasi terkait videogame juga perlu disosialisasikan kepada orang dewasa, khususnya dewasa awal. Paparan videogame tentu berdampak bagi pemainnya. Karena itu literasi terkait videogame juga perlu dikaitkan dengan konteks dan kebutuhan orang dewasa. Videogame merupakan aspek yang tidak bisa lepas, sehingga tidak bisa dilarang. Untuk itu perlu pemahaman juga untuk mengoptimalkan peran bermain videogame dalam kehidupan dewasa. Diharapkan, panduan yang merupakan bagian dari Seri Literasi Digital Japelidi ini, dapat memberikan sedikit arahan bagi kita untuk memahami dan memaksimalkan videogame dalam kehidupan sehari-hari.

2322 Downloads

Buku Pintar Pemilu Seri Kedua

Title: Buku Pintar Pemilu Seri Kedua
Published by: Kemenkominfo
Release Date: Maret 2019
Contributors: Siap Bangun Negara, Abror Fauzi, Yuli Nurhanisah, Titania Nurrahim, Muhammad Ikhsan, Rokayah, dan Lestari
Genre:
Pages: 61

Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di mana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung. Sebagai negara yang menjalankan sistem politik demokrasi, sudah seharusnya Indonesia mengadakan pemilu, sebab itu menjadi prasyarat berjalannya sistem tersebut. Bangsa Indonesia telah menyelengarakan pemilu sejak zaman kemerdekaan dan sudah melalui beberapa macam zaman pemerintahan.

Melalui booklet infografis Buku Pintar Pemilu 2019 Seri Kedua: Tata Cara Pemilu 2019 dan Sejara Pemilu di Indonesia, sejarah mengenai jalannya pemilu di Indonesia akan diringkas dalam bentuk infografis. Tidak hanya itu, buku ini juga akan membahas mengenai fakta seputar pemilu 2019.

1308 Downloads

Ringkasan Eksekutif Seri Modul Literasi Digital

Title: Ringkasan Eksekutif Seri Modul Literasi Digital
Series:
Published by: Direktorat Aptika Kementerian Komunikasi & Informatika
Release Date: April 2021
Contributors: Novi Kurnia dkk.
Genre:
Pages: 21

Secara umum, literasi digital sering kita anggap sebagai kecakapan menggunakan internet dan media digital. Namun begitu, acap kali ada pandangan bahwa kecakapan penguasaan teknologi adalah kecakapan yang paling utama. Padahal literasi digital adalah sebuah konsep dan praktik yang bukan sekadar menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi.

Lebih dari itu, literasi digital juga banyak menekankan pada kecakapan pengguna media digital dalam melakukan proses mediasi media digital yang dilakukan secara produktif (Kurnia & Wijayanto, 2020; Kurnia & Astuti, 2017). Seorang pengguna yang memiliki kecakapan literasi digital yang bagus tidak hanya mampu mengoperasikan alat,
melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab.

2611 Downloads

Nimfa

Title: Nimfa
Published by: Program Vokasi Humas Universitas Indonesia
Release Date: 2021
Contributors: Program Vokasi Humas Universitas Indonesia
Genre:
Pages: 101

Nimfa Kebencian di Dunia Digital
Peradaban Penuh Kebencian
Peradaban Penuh Kebencian
“Eventually, population decreased through starvation, war, or disease, and society lost some of the political, economic, and cultural complexity that it had developed at its peak.” (Diamond, 2005)
Sehingga populasi berkurang akibat kelaparan, peperangan, ataupun penyakit, dan masyarakat pun kehilangan sistem politik, ekonomi, dan kebudayaan, yang telah lama berkembang mencapai puncaknya.
Sejak awal peradaban, manusia saling membedakan dan membenci. Sebagai mahluk visual, perbedaan warna kulit, tubuh, dan postur mensegregasi dan menimbulkan rasa permusuhan di antara

282 Downloads

Cerita RTIK

Title: Cerita RTIK
Series:
Published by: RTIK
Release Date: 2022
Genre:

Buku ini mencakup pelbagai pengalaman- pengalaman yang telah dilakukan Relawan TIK khususnya mengenai teknologi informasi dan komunikasi dari berbagai daerah yang tersebar di seluruh Nusantara.

51 Downloads

Membangun Infrastruktur Internet Berbasis Kabel dan Nrikabel

Title: Membangun Infrastruktur Internet Berbasis Kabel dan Nrikabel
Published by: Common Room
Release Date: 2022
Genre:

Buku pembahasan tentang macam-macam Infrastruktur Internet dari yang sering di bahas seperti BTS dan istilah-istilah lainnya. buku ini ditujukan untuk masyarakaat umum untuk mendapatkan pengetahuan dasar tentang Infrastruktur Internet

11 Downloads

Web We Want (Pintar Internet bagi Pemuda/i)

Title: The Web We Want for Students
Series:
Published by: ICT Watch - Indonesia (www.ictwatch.id)
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 52
ISBN13: 978-602-51324-3-8

 

Cek update buku ini di http://internetsehat.id/literasidigital/

Luasnya ranah informasi tanpa batas di internet sudah sepantasnya menjadi tempat bermain dan sumber kreativitas bagi anak muda. Anak diajak belajar tentang hak di ranah online dan berkreasi dengan sumber-sumber dari internet. Suara anak dan remaja di tanah air dan dunia tentang internet muncul dengan bahasa yang ramah, ibarat teman akrab yang berbagi bersama sebagai perwujudan dari ‘the Web We Want’.


 

8416 Downloads