Yuk, Temani Anak Berinternet!

Title: Yuk, Temani Anak Berinternet!
Series:
Published by: Program Magister Ilmu Komunikasi UGM
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 42
ISBN13: 978-602-71877-4-0

Buku Yuk, Temani Anak Berinternet adalah jawaban sederhana bagi orangtua maupun orang dewasa lainnya dalam menemani anak-anak bermain internet. Buku panduan ini terbagi atas dua bagian besar tip-tip menemani anak berinternet. Bagian pertama untuk menemani anak berusia pra sekolah (2-5 tahun). Bagian kedua untuk anak usia sekolah (6-12 tahun).

 

2616 Downloads

Mengenal Hoaks

Title: Mengenal Hoaks
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Hoaks (hoax) menjadi isi yang cukup banyak dibicarakan orang saat ini di dunia siber. Sebenarnya apakah yang disebut hoaks? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoaks didefinisikan sebagai berita bohong. Sementara Merriam Webster mendefinisikan hoax sebagai suatu tindakan yang membuat sesuatu yang salah atau tidak masuk akal dapat dipercaya atau diterima sebagai sesuatu yang benar. Atau dapat disimpulkan hoaks adalah suatu berita /informasi yang tidak benar yang dibuat seolah-olah benar sehingga dapat dipercaya oleh orang lain.

1064 Downloads

SSO Pakai Internet Secara Sehat & Cerdas di Sekolah (Buku Aktivitas Remaja)

Title: SSO Pakai Internet Secara Sehat & Cerdas di Sekolah (Buku Aktivitas Remaja)
Published by: Perkumpulan Mitra TIK Indonesia
Genre:
ISBN13: 978-602-51324-5-2

Sebuah modul edukasi tentang eksploitasi seksual anak di ranah online untuk program “Smart School Online”. Secara khusus modul ini memberikan panduan bagi aktivitas remaja agar dapat berperan lebih optimal dalam memakai internet secara sehat dan cerdas di sekolah, mengedepankan upaya pencegahan dan memberikan respon yang tepat bila mendapati situasi eksploitasi seksual anak yang terjadi di ranah online. Modul ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak dan orang muda tentang definisi, bentuk-bentuk eksploitasi seksual anak di ranah online dan gambaran umum kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Modul ini juga mengajak anak dan orang muda untuk mengenali jenis-jenis pelaku eksploitasi seksual anak di ranah online serta mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya eksploitasi seksual anak di ranah online.

430 Downloads

SIBERPEDIA – Panduan Pintar Keamanan Siber

Title: SIBERPEDIA - Panduan Pintar Keamanan Siber
Series:
Published by: Center for Digital Society
Release Date: 2018
Contributors: Azrina Darmayani
Genre:
Pages: 114
ISBN13: 978-602-61053-3-2

Buku ini mengulas mengenai pentingnya keamanan siber di Indonesia, ruang lingkup dari keamanan siber, dan bagaimana entitas maupun individu dapat meningkatkan keamanannya di ranah siber. Penjelasan dalam buku ini disampaikan dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh para pembaca awam dengan harapan pembaca dapat dengan mudah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan mendorong terciptanya budaya keamanan siber yang kuat di Indonesia.

Tingkat literasi dan kesadaran masyarakat Indonesia terkait keamanan siber masih sangat rendah. Dengan semakin tingginya angka kejahatan siber di Indonesia, hal ini tentunya menjadi sebuah permasalahan yang sangat serius. Selain peningkatan jumlah tenaga ahli pada bidang Teknologi Informasi, Indonesia juga membutuhkan masyarakat yang dapat menerapkan perilaku bijaksana dalam beraktivitas di dunia siber. Untuk itu, diperlukan sosialisasi dan juga edukasi kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran dan literasi yang memadai terkait keamanan siber.

416 Downloads

Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online

Title: Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online
Published by: ECPAT Indonesia
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 62

Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online bagi Organisasi Perlindungan Anak dan Komunitas bisa menjadi acuan dalam mencegah dan menangani masalah kejahatan seksual anak online. Modul ini juga bisa dipergunakan oleh tim Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat sebagai acuan dalam mengembangkan pelatihan-pelatihan di desa untuk mencegah terjadinya kejahatan seksual online.

 

2943 Downloads

Antisipasi Hoaks

Title: Antisipasi Hoaks
Series:
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Banyak orang yang media sosialnya dipenuhi dengan informasi hoaks, dan sebenarnya banyak informasi hoaks yang mudah dikenali karena informasinya sendiri tidak masuk akal. Pada umumnya informasi hoaks juga memiliki beberapa ciri yang bisa kita perhatikan seperti sebagai berikut: Diawali dengan kata sugestif dan heboh, Kerap mencatut nama tokoh atau lembaga terkenal, Terdengan tidak masuk akal, Tidak muncul di media-media arus utama, Biasanya disertai dengan penulisan huruf capital dan tanda seru.

1633 Downloads

Petunjuk Pengelolaan PATBM Bagi Organisasi Pemda

Title: Petunjuk Pengelolaan PATBM Bagi Organisasi Pemda
Published by: KPPPA
Release Date: 2017
Genre:
ISBN13: 978-602-6571-20-5

Buku ini menjelaskan bahwa Perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat merupakan urusan wajib yang harus diselenggarakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah [termasuk pemerintah kanbupaten/kota]. Kewajiban tersebut ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, pasal 9 dan 12. Kewajiban pemerintah dalam menyelenggarakan perlindungan anak juga telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 pasal 22 yang menegaskan bahwa negara, pemerintah, dan pemerintah daerah [termasuk pemerintah kabupaten/kota] berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan dukungan sarana, prasarana, dan ketersediaan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Pedoman ini dibuat untuk menyediakan panduan umum bagi pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memulai, mengembangkan, dan memelihara keberlanjutan PATBM dalam perlindungan anak di wilayahnya. Sifat panduan umum ini memberi ruang untuk pengembangan dalam melaksanakan langkah-langkah tersebut yang disesuaikan dengan situasi dan peluang kreativitas yang muncul di daerah. Untuk mempermudah para pengelola, panduan ini juga dilengkapi dengan penjelasan mengenai apa itu PATBM.

295 Downloads

Buku Pintar Pemilu Seri Pertama

Title: Resensi Buku Pintar Pemilu Seri Pertama
Series:
Published by: Kemenkominfo
Release Date: Maret 2019
Contributors: Siap Bangun Negara, Abror Fauzi, Yuli Nurhanisah, Titania Nurrahim, Muhammad Ikhsan, Rokayah, dan Lestari
Genre:
Pages: 51

Pada tahun ini, terdapat 20 sampai 30 persen jumlah suara pemilih pemula dari totaljumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya, dimana sebagian pemilih masih belummengerti dan memahami tata cara memilih.

Booklet infografis Buku Pintar Pemilu 2019 Seri Pertama: Cerdas Memilih di Pemilu2019 serta Profil Capres-Cawapres dan Partai iolitik ini akan mengupas tuntas mengenai syarat-syarat pemilih, tata cara pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta memperkenalkan profil partai peserta yang mengikuti pemilu 2019.

322 Downloads

Survey Penggunaan TIK 2017

Title: Survey Penggunaan TIK
Published by: Balitbang Kemkominfo
Release Date: 2017
Contributors: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Genre:
Pages: 30

Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan “Survei Penggunaan TIK serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat”. Survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran nyata tentang penggunaan TIK serta aspek – aspek sosial budaya yang dipengaruhi dan memengaruhi  penggunaannya oleh  rumah tangga dan individu. Berdasarkan hasil survei, telah tersusun data komprehensif yang mencakup kepemilikan dan penggunaan perangkat TIK. Selain itu, hasilnya juga menunjukkan implikasi penggunaan perangkat TIK terhadap aspek sosial budaya, serta penggunaan media sosial dan instant messaging di wilayah urban dan rural Indonesia.

 

2639 Downloads

Media Sosial untuk Advokasi Publik

Title: Media Sosial untuk Advokasi Publik
Published by: ICT Watch
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 77
ISBN13: 978-602-51324-4-5

Media sosial kini memegang peran penting dalam advokasi kegiatan publik dan mendorong inisiasi gerakan sosial. Buku ini menyajikan panduan bagi organisasi masyarakat sipil (CSO) dan komunitas di Indonesia untuk membangun kapasitas dan kapabilitas yang memadai dalam menyusun strategi, menyiapkan taktik dan melakukan aksi yang efektif dalam memaksimalkan media sosial agar memberikan dampak yang tepat sasaran.

 

3619 Downloads