Video Game. Kenali, Pelajari, dan Sikapi

Title: Video Game. Kenali, Pelajari, dan Sikapi. Panduan bagi orang dua menghadapi isu video game dan anak di era digital
Series:
Published by: NXG Indonesia
Release Date: 2013
Contributors: M. Iqbal Tawakal
Genre:
Pages: 50

Panduan praktis bagi orang tua menghadapi isu video game dan anak di era digital.

Berawal dari ide menyebarkan pesan-pesan bermedia yang sehat, khususnya video game. Hingga diharapkan menjadi panduan singkat orang tua dan guru. Media berbagi informasi seputar video game dan keluarga, termasuk cerita pengalaman bermedia positif, sampai tips ringan. Semua itu berawal dari Anda, untuk kita semua.

NXG Indonesia hanyalah fasilitator. Andalah aktornya! Anda -orang tua dan guru- merupa- kan ujung tombak pendidikan bermedia. Baik itu dirumah, lingkungan sekitar, dan sekolah. Melalui media ini, kami berharap kesadaran akan berme- dia positif semakin terbangun. Tentunya itu tak mungkin terwujud tanpa peran aktif Anda.

1753 Downloads

Panduan Internet Untuk Guru

Title: Panduan Internet Untuk Guru
Series:
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Dengan menggunakan teknologi maka guru akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan tugasnya dalam mengajar, maka proses belajar mengajar akan lebih menarik sehingga siswa akan termotivasi dengan tampilan mengajar menggunakan gambar atau animasi materi pelajaran yang akan membuat siswa cepat memahami dan lebih mendalami materi. Tidak hanya sebagai tuntutan dalam kompetensi guru saja, Teknologi Informasi dan Komunikasi juga harus dikuasai para guru. Dengan hadirnya TIK, akan mendukung teknis dan meningkatkan pengetahuan agar dapat mewujudkan self running creation seperti antivirus tools, jaringan, internet dan lain-lain.

1705 Downloads

SSO Pakai Internet Secara Sehat & Cerdas di Sekolah (Buku Aktivitas Guru dan Orang Tua)

Title: SSO Pakai Internet Secara Sehat & Cerdas di Sekolah (Buku Aktivitas Guru dan Orang Tua)
Series:
Published by: ICT Watch - Indonesia (www.ictwatch.id)
Genre:
Pages: 61
ISBN13: 978-602-51324-6-9

 

Cek update buku ini di http://internetsehat.id/literasidigital/

Sebuah modul edukasi tentang eksploitasi seksual anak di ranah online untuk program “Smart School Online”. Secara khusus modul ini memberikan panduan bagi guru dan orang tua agar dapat berperan lebih optimal dalam memakai internet secara sehat dan cerdas di sekolah, mengedepankan upaya pencegahan dan memberikan respon yang tepat bila mendapati situasi eksploitasi seksual anak yang terjadi di ranah online. Modul ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak dan orang muda tentang definisi, bentuk-bentuk eksploitasi seksual anak di ranah online dan gambaran umum kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Modul ini juga mengajak anak dan orang muda untuk mengenali jenis-jenis pelaku eksploitasi seksual anak di ranah online serta mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya eksploitasi seksual anak di ranah online.


1066 Downloads

Melawan Hoaks dan Kebencian Berbasis Sentimen Agama

Title: Melawan Hoaks dan Kebencian Berbasis Sentimen Agama
Published by: PT Numedia Digital bekerjasama dengan Kemkominfo
Release Date: Januari 2020
Contributors: Savic Ali, Dedik Priyatno, Ahmad Rozali, Mahbib Khoiron, Abi S. Nugroho, Alhafiz Kurniawan, Hengki Ferdiansyah, dan M. Alvin Nur Choironi.
Genre:
Pages: 84
771 Downloads

Modul Aman Bermedia Digital

Title: Modul Aman Bermedia Digital
Series:
Published by: Direktorat Jenderal Aptika Kemkominfo
Release Date: April 2021
Contributors: Kominfo, Siberkreasi & Japelidi
Genre:
Pages: 200
ISBN13: 978-602-18118-0-7

Teknologi internet dan perangkat untuk mengakses jaringan internet sudah bukan hal yang asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Teknologi ini semakin akrab ketika 2020 lalu dunia menghadapi pandemi yang memaksa manusia untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan memanfaatkan internet untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari, baik untuk bekerja, sekolah, belanja, maupun sekadar mencari hiburan dan bersosialisasi. Kita pun semakin mengenal berbagai layanan teknologi digital yang membantu aktivitas keseharian.

Sejak awal abad 21, perkembangan teknologi informasi di dunia terus berkembang secara masif. Hootsuite dan We Are Social pada Januari 2020 sebanyak 59% penduduk dunia sudah dapat mengakses Internet. Fenomena serupa terjadi juga di Indonesia. Dalam survei yang sama, Hootsuite memperkirakan internet sudah dapat diakses oleh 64% warga Indonesia atau sekitar 175,4 juta jiwa. Sedangkan survei yang dilakukan Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) kuartal kedua 2020 menunjukkan penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7% atau sudah dapat diakses oleh 196,71 juta penduduk Indonesia (APJII, 2020). Tingginya jumlah pengakses digital berdampak pada semakin tinggi juga pengguna layanan digital dan perubahan gaya hidup masyarakat.

5560 Downloads

Pengantar Tata Kelola Internet

Title: Pengantar Tata Kelola Internet
Series:
Published by: ICT Watch - Indonesia (www.ictwatch.id)
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 96
ISBN13: 978-602-51324-1-4

 

Cek update buku ini di http://internetsehat.id/literasidigital/

Siapa saja para pemain yang memiliki kekuatan untuk membentuk internet dan apa saja yang dipertaruhkan di masa mendatang? Anda akan diajak menelusuri lansekap digital dan memahami peran berbagai pemangku kepentingan—pemerintah, operator jaringan, dan para raksasa teknologi di balik layanan internet yang kita nikmati. Di lapisan konten, para pengguna juga memiliki kekuatan untuk membentuk internet disertai dengan berbagai bahaya baru.


 

10293 Downloads

Gence, Membedah Anatomi Peradaban Digital

Title: Gence, Membedah Anatomi Peradaban Digital
Published by: Tasdiqiya Publisher
Release Date: April, 2017
Contributors: Tauhid Nur Azhar, dkk
Genre:
Pages: 516
ISBN13: 978-602-18495-9-0

Pada beberapa dasawarsa terakhir, kecepatan perubahan dalam kehidupan umat manusia, yaitu ketika teknologi informasi dan komunikasi mendapatkan momentumnya, semakin menampakkan jatidirinya. Dunia kita pun berubah. Pola interaksi di antara manusia mengalami perubahan yang amat signifikan dan mendasar. Beragam hal yang hanya bisa diimpikan orang-orang terdahulu kini tampak nyata di depan mata.

Arus perubahan ini nyaris seperti gelombang tsunami yang menyapu kota-kota dan menghanyutkan semua yang ada, termasuk kesadaran sebagain besar manusia. Pada satu sisi, mereka hidup dalam era perubahan yang amat cepat. Namun, pada sisi yang lain, mereka tidak paham dengan apa yang terjadi. Mereka terhanyut begitu saja dalam derasnya informasi, keterbukaan, kemudahan dan beragam ekses negatif dan positifnya perubahan zaman. Padahal, apapun namanya, sesuatu yang didasarkan pada ketidakpahaman biasanya akan melahirkan keburukan, ketertipuan, dan salah antisipasi

2293 Downloads

Panduan Internet Untuk Pemberdayaan UMKM

Title: Panduan Internet Untuk Pemberdayaan UMKM
Series:
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Salah satu strategi untuk dapat mengembangkan UMKM saat ini adalah melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan computer (TIK) yang akan mendorong percepatan usaha dan membuka banyak peluang diantaranya: Memperluas jangkauan pangsa pasar, Mempercepat proses bisnis, Mendapatkan informasi yang lebih cepat, Mudah mendapatkan referensi untuk peningkatan daya saing produk, Pemasaran produk lebih mudah dan hemat biaya. Beberapa pemanfaatan gadget bagi UMKM diantaranya: Pengelolaan surel, Media sosial pada gadget, Membangun branding image.

1831 Downloads

SSO Aku Netizen Unggul Untuk Anak dan Remaja (Panduan Bagi Para Fasilitator)

Title: SSO Aku Netizen Unggul Untuk Anak dan Remaja (Panduan Bagi Para Fasilitator)
Series:
Genre:

Sebuah modul edukasi tentang eksploitasi seksual anak di ranah online untuk program “Smart School Online”. Kami menyiapkan Modul Smart School Online “Aku Netizen Unggul” sebagai media kampanye, informasi sekaligus pembelajaran bagi anak dan remaja. Modul ini disiapkan untuk membantu para fasilitator mempersiapkan diri dalam menyajikan “Smart School Online” dengan efektif,sehingga mampu menguatkan teman-teman peserta agar mampu menjadi seorang netizen remaja yang unggul. Modul ini merupakan bagian dari 3 Modul dalam program “Smart School Online”, dimana ketiganya saling melengkapi. Melalui modul ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan bagi seluruh peserta. Dengan kemampuan yang baik mengenai apa yang harus dilakukan dalam melindungi diri di dunia online, maka kita dapat berkembang dan memanfaatkan internet untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal bagi kehidupan, kini dan di masa depan.

911 Downloads

Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah

Title: Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah
Published by: Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika
Contributors: Karina Listya Widyasari, Fera Setia Nuranna, April Lokita Sulasmi, Rokayah, Widi Wihartono, Nixon Elyezer Sinuraya, Lestari, Siti Chodijah, Andrean Weby Finaka, Nico Oscario , Dwi Fajar Sejati, Catur Aji Pamungkas, Herman Riswan, Ahmad Syarifuddin, Dwi Fajar Sejati, & Herman Riswan
Genre:
Pages: 171
ISBN13: 978-623-90126-0-1

Panduan ini disusun untuk memberikan gambaran menyeruluh terkait penggunaan fasilitas media sosial bagi lembaga pemerintahan secara maksimal. Pembahasan dimulai dengan memberikan pemahaman dasar mengenai pengertian media sosial, langkah-langkah penyusunan program, pembuatan dan distribusi konten hingga evaluasi kegiatan media sosial lembaga pemerintah itu sendiri.

Ada empat kanal media sosial yang dipaparkan dalam panduan ini: Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube yang hingga tahun 2018 masih menjadi empat kanal media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Panduan ini diharapkan mampu menjadi acuan bagi pembaca dalam melaksanakan program media sosial yang menyeluruh dalam rangka memenuhi kebutuhan suatu lembaga pemerintah.

763 Downloads