Strategi Kewirausahaan Digital

Title: Strategi Kewirausahaan Digital
Published by: CfDS UGM
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 91

Di era digital, fenomena startup dan kewirausahaan digital muncul dan menjadi sorotan banyak pihak, termasuk di Indonesia. Perusahaan teknologi kian banyak yang menuai kesuksesan besar. Namun, tidak sedikit pula bisnis-bisnis berbasis teknologi digital yang mengalami kegagalan. Buku ini hadir sebagai alternatif yang dapat digunakan sebagai bekal awal untuk Anda yang tertarik untuk memulai bisnis berbasis digital.

 

10431 Downloads

Buku Saku Penggunaan Media KIE

Title: Buku Saku Penggunaan Media KIE
Published by: KPPPA
Release Date: 2018
Genre:
ISBN13: 978-602-6571-21-2

Bahan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas terrmasuk aktifis/kader PATBM. Sudah banyak pihak yang menerbitkan bahan KIE namun seringkali kita kurang memanfaatkan bahan KIE yang sudah dihasilkan. Padahal sudah banyak dana yang dikeluarkan untuk menghasilkan bahan KIE tersebut. Penyusunan Bahan KIE ini bertujuan untuk memudahkan para aktifis PATBM bisa memilih, mengembangkan, memproduksi bahan KIE sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Dan yang paling penting juga adalah bagaimana memanfaatkan bahan KIE ini dengan efektif untuk upaya penyadaran dan menanamkan nilai-nilai perubahan yang lebih responsive anak di masing-masing komunitas atau wilayah sasaran kerja kita.

696 Downloads

Internet Untuk Promosi Produk

Title: Internet Untuk Promosi Produk
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek yang akan menghasilkan penjualan dan menciptakan loyalitas merek atau barand. Promosi mencakup metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk memberikan informasi tentang produknya, informasi bisa bersifat verbal dan visual. Promosi di internet lebih sering digunakan untuk digital marketing dan jualan online.

1004 Downloads

SSO Digital Parenting: Menjadi Pendidikan Unggul Bagi Millenials

Title: SSO Digital Parenting: Menjadi Pendidikan Unggul Bagi Millenials
Genre:

Sebuah modul edukasi tentang eksploitasi seksual anak di ranah online untuk program “Smart School Online”. Modul ini dipersiapkan untuk membantu para fasilitator mempersiapkan diri dalam menyajikan “Smart School Online” denganefektif,sehinggamampumenguatkan para orang tua dan guru agar mampu untuk mendampingi dan melindungi anak-anak di era digital. Modul ini akan menyajikan strategi serta tips praktis bagi para orangtua dan guru agar mampu menjadi pendidik yang unggul bagi para millenials. Modul ini merupakan bagian dari 3 modul yang telah disiapkan untuk program “Smart School Online”, dimana ketiganya saling melengkapi. Bila para orangtua dan guru mampu menjadi pendamping anak-anak yang ideal di dunia digital ini, maka anak-anak akan sanggup melewati masa kanak-kanak mereka dengan selamat tanpa ada waktu yang hilang karena efek negatif dari internet, seperti kecanduan terhadap games dan pornografi, cyberbullying, maupun cybercrime.

431 Downloads

Materi Advokasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)

Title: Materi Advokasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)
Published by: KPPPA
Release Date: 2018
Genre:

Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terpadu untuk mencapai tujuan perlindungan anak. Merupakan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan respon cepat terjadinya kekerasan terhadap anak dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan prilaku yang memberikan perlindungan kepada anak. Buku ini menjelaskan bagaimana mencegah kekerasan terhadap anak dan juga menanggapi kekerasan terhadap anak dengan baik dan benar.

898 Downloads

Kota Cerdas Berbasis Kebudayaan

Title: Kota Cerdas Berbasis Kebudayaan
Series:
Genre:

Buku ini merupakan bunga rampai pemikiran untuk mendukung Gerakan 100 Kota Cerdas yang telah digulirkan Kemenkominfo RI. Ide dasarnya adalah bagaimana membangun digitalisasi daerah dengan sekaligus merevitalisasi kearifan lokal yang ada. Gagasan tentang “smart city” berbasis kebudayaan merupakan pemikiran dari Yogyakarta untuk Indonesia. Masterplan “Jogja Smart Province” sendiri didisain dengan menjadikan nilai-nilai filosofis (kebudayaan lokal) sebagai ruh/jiwa dalam pengembangan arah kebijakan dan solusi-solusi indikatif yang besifat digital. Buku ini juga menyajikan beberapa pengalaman di Yogya tentang upaya-upaya pengembagan edukasi kebudayaan berbasis teknologi informasi. Buku ini sendiri merupakan karya bersama dari para seniman dan budayawan Yogya yang peduli dengan pembangunan digitalisasi, dan bertekad menjadikan budaya sebagai basis.

823 Downloads

Buku Kegiatan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)

Title: Buku Kegiatan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)
Published by: KPPPA
Genre:
ISBN13: 978-602-6571-14-4

Buku ini menjelaskan tentang Tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal adalah hak setiap anak sesuai dengan harkat dan martabatnya, termasuk didalamnya perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Disamping itu, anak sebagai generasi penerus bangsa, penerus tongkat estafet pembangunan bangsa, sudah sepatutnya negara memberikan perhatian untuk menghindari anak-anak dari segala tindakan kekerasan yang nantinya akan menjamin terlaksananya prinsip non diskriminasi dan kepentingan terbaik bagi anak. Berbagai kebijakan dan program telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia, sejalan dengan tuntutan untuk memberikan perhatian pada upaya perlindungan terhadap anak. Namun demikian, masih ditemui berbagai tantangan dalam mengimplementasikan upaya perlindungan anak ini di tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota secara efektif. Misalnya dalam hal perlindungan anak, jumlah anak yang masih mengalami berbagai bentuk kekerasan,eksploitasi dan diskriminasi masih terus meningkat dari waktu-ke waktu.

713 Downloads

Kerangka Literasi Digital Indonesia

Title: Kerangka Literasi Digital Indonesia
Published by: ICT Watch
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 46
ISBN13: 978-602-51324-2-1

Sebuah tawaran alternatif yang didesain berdasarkan pengalaman ICT Watch yang konsisten menjalankan tiga pilar, Internet Safety, Internet Rights dan Internet Governance. Lewat pemahaman bersama tentang tiga bagian kerangka literasi digital, yaitu proteksi, hak-hak, dan pemberdayaan, diharapkan muncul inisiatif swadaya multipihak untuk berkolaborasi mendukung upaya meningkatkan tingkat literasi digital di tanah air.

 

7687 Downloads

Buku Saku Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)

Title: Buku Saku Aktivis/Kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)
Published by: KPPPA
Release Date: 2018
Genre:
ISBN13: 978-602-6571-22-9

Buku Saku Perlindungan anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) adalah buku pegangan Aktifis PATBM untuk mempermudah pemahaman pelaksanaan dan tatakelola PATBM dalam rangka pencegahan dan penanganan kekerasan anak. Buku ini ditujukan terutama bagi Aktifis PATBM yang melaksanakan kegiatan di desa/kelurahan. Buku ini dikembangkan sebagai petunjuk praktis dan ringkas berdasarkan pedoman pelaksanaan PATBM. Buku ini merupakan panduan yang bersifat umum dan tidak menutup kemungkinan pengguna mengembangkan buku ini sesuai kebutuhan daerah masing-masing untuk mencapai tujuan pencegahan dan penanganan kekerasan anak. Setiap kegiatan dan tindakan yang ada di dalam buku ini harus dilakukan dengan memperhatikan dan menyesuaikan kondisi SDM masyarakat sebagai sasaran. Pengguna buku ini dianjurkan untuk mempertimbangkan perlunya konsultasi dengan Fasilitator Daerah dan Fasilitator Nasional PATBM dalam pelaksanaannya.

699 Downloads

Literasi Digital Dalam Perspektif Kristen

Title: Literasi Digital Dalam Perspektif Kristen
Release Date: 2018
Genre:

Buku bunga rampai ini dilahirkan sebagai pemantik diskusi dan pendorong edukatif untuk pembangunan literasi digital di kalangan Kristen. Karenanya, buku ini melontarkan gagasan-gagasan awal tentang isu-isu digital Kristen. Para penulis yang terdiri dari tokoh-tokoh lintas gereja / organisasi Krissten mencoba memberikan pandangan-pandangan Kristen (Alkitab) tentang isu-isu digital. Buku ini mendorong partisipasi dan kontribusi masyarakat Kristen untuk turut mendukung Gerakan Nasional Literasi Digital “Siberkreasi”. Buku ini menjadi salah satu referensi dan materi pembelajaran literasi digital Kisten untuk sekolah-sekolah teologi dan juga jejaring pembinaan umat di seluruh Indonesia. Materi di dalamnya memandu masyarakat Kristen untuk bisa aktif terlibat dalam pembangunan peradaban digital Indonesia. Buku ini menjadi simbol sinergi dan komitmen bersama elemen-elemen Kristen untuk bersama-sama membangun peradaban digital Indonesia yang luhur berdasarkan Pancasila. Materi di dalamnya merupakan kumpulan pemikiran komprehesif-interdenominasional yang mewakili multi pandangan Kristen terharap isu-isu digital.

460 Downloads