Seri Literasi Digital #ayoberubah bikin keren karaktermu

Title: Seri Literasi Digital #ayoberubah bikin keren karaktermu
Published by: Ditjen IKP, Kominfo
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 109

Membangun perilaku positif dimulai dari mengenali diri sendiri. Hadir dalam panel komik dengan kisah sehari-hari yang ringan dan segar untuk generasi muda usia 12-25 tahun, buku ini bisa menjadi bacaan praktis sekaligus panduan bagi kaum muda untuk memperkuat karakter diri agar mampu bersikap dan bertindak positif tanpa takut tampil berbeda di tengah-tengah masyarakat.

 

1431 Downloads

Eksploitasi Seksual Pada Anak Online, Sebuah Pemahaman Bersama

Title: Eksploitasi Seksual Pada Anak Online, Sebuah Pemahaman Bersama
Published by: ECPAT
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 56
ISBN13: BN-60-156952

Eksploitasi seksual pada anak online kini merupakan masalah global yang berkembang dengan cepat dan butuh respons yang komprehensif. Butuh pemahaman bersama dari seluruh pemangku kepentingan untuk mencegah banyak persepsi yang salah tentang sifat dan isu ini. Seri lembar fakta ini memberikan sumber-sumber yang mudah dan siap digunakan oleh semua pihak yang tertarik dengan isu ini.

 

1928 Downloads

Yuk, Temani Anak Berinternet!

Title: Yuk, Temani Anak Berinternet!
Published by: Program Magister Ilmu Komunikasi UGM
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 42
ISBN13: 978-602-71877-4-0

Buku Yuk, Temani Anak Berinternet adalah jawaban sederhana bagi orangtua maupun orang dewasa lainnya dalam menemani anak-anak bermain internet. Buku panduan ini terbagi atas dua bagian besar tip-tip menemani anak berinternet. Bagian pertama untuk menemani anak berusia pra sekolah (2-5 tahun). Bagian kedua untuk anak usia sekolah (6-12 tahun).

 

1530 Downloads

Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online

Title: Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online
Published by: ECPAT Indonesia
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 62

Modul Pelatihan Pencegahan Kejahatan Seksual Anak Online bagi Organisasi Perlindungan Anak dan Komunitas bisa menjadi acuan dalam mencegah dan menangani masalah kejahatan seksual anak online. Modul ini juga bisa dipergunakan oleh tim Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat sebagai acuan dalam mengembangkan pelatihan-pelatihan di desa untuk mencegah terjadinya kejahatan seksual online.

 

2190 Downloads

Survey Penggunaan TIK 2017

Title: Survey Penggunaan TIK
Published by: Balitbang Kemkominfo
Release Date: 2017
Contributors: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Genre:
Pages: 30

Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan “Survei Penggunaan TIK serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat”. Survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran nyata tentang penggunaan TIK serta aspek – aspek sosial budaya yang dipengaruhi dan memengaruhi  penggunaannya oleh  rumah tangga dan individu. Berdasarkan hasil survei, telah tersusun data komprehensif yang mencakup kepemilikan dan penggunaan perangkat TIK. Selain itu, hasilnya juga menunjukkan implikasi penggunaan perangkat TIK terhadap aspek sosial budaya, serta penggunaan media sosial dan instant messaging di wilayah urban dan rural Indonesia.

 

1614 Downloads

Media Sosial untuk Advokasi Publik

Title: Media Sosial untuk Advokasi Publik
Published by: ICT Watch
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 77
ISBN13: 978-602-51324-4-5

Media sosial kini memegang peran penting dalam advokasi kegiatan publik dan mendorong inisiasi gerakan sosial. Buku ini menyajikan panduan bagi organisasi masyarakat sipil (CSO) dan komunitas di Indonesia untuk membangun kapasitas dan kapabilitas yang memadai dalam menyusun strategi, menyiapkan taktik dan melakukan aksi yang efektif dalam memaksimalkan media sosial agar memberikan dampak yang tepat sasaran.

 

2371 Downloads

Web We Want (Pintar Internet bagi Pemuda/i)

Title: The Web We Want for Students
Published by: ICT Watch
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 52
ISBN13: 978-602-51324-3-8

Luasnya ranah informasi tanpa batas di internet sudah sepantasnya menjadi tempat bermain dan sumber kreativitas bagi anak muda. Anak diajak belajar tentang hak di ranah online dan berkreasi dengan sumber-sumber dari internet. Suara anak dan remaja di tanah air dan dunia tentang internet muncul dengan bahasa yang ramah, ibarat teman akrab yang berbagi bersama sebagai perwujudan dari ‘the Web We Want’.

 

5720 Downloads

Pengantar Tata Kelola Internet

Title: Pengantar Tata Kelola Internet
Published by: ID IGF
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 96

Siapa saja para pemain yang memiliki kekuatan untuk membentuk internet dan apa saja yang dipertaruhkan di masa mendatang? Anda akan diajak menelusuri lansekap digital dan memahami peran berbagai pemangku kepentingan—pemerintah, operator jaringan, dan para raksasa teknologi di balik layanan internet yang kita nikmati. Di lapisan konten, para pengguna juga memiliki kekuatan untuk membentuk internet disertai dengan berbagai bahaya baru.

 

5623 Downloads

Strategi Kewirausahaan Digital

Title: Strategi Kewirausahaan Digital
Published by: CfDS UGM
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 91

Di era digital, fenomena startup dan kewirausahaan digital muncul dan menjadi sorotan banyak pihak, termasuk di Indonesia. Perusahaan teknologi kian banyak yang menuai kesuksesan besar. Namun, tidak sedikit pula bisnis-bisnis berbasis teknologi digital yang mengalami kegagalan. Buku ini hadir sebagai alternatif yang dapat digunakan sebagai bekal awal untuk Anda yang tertarik untuk memulai bisnis berbasis digital.

 

6927 Downloads

Kerangka Literasi Digital Indonesia

Title: Kerangka Literasi Digital Indonesia
Published by: ICT Watch
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 46
ISBN13: 978-602-51324-2-1

Sebuah tawaran alternatif yang didesain berdasarkan pengalaman ICT Watch yang konsisten menjalankan tiga pilar, Internet Safety, Internet Rights dan Internet Governance. Lewat pemahaman bersama tentang tiga bagian kerangka literasi digital, yaitu proteksi, hak-hak, dan pemberdayaan, diharapkan muncul inisiatif swadaya multipihak untuk berkolaborasi mendukung upaya meningkatkan tingkat literasi digital di tanah air.

 

4415 Downloads