Seri Literasi Digital #ayoberubah bikin keren karaktermu

Title: Seri Literasi Digital #ayoberubah bikin keren karaktermu
Series:
Published by: Ditjen IKP, Kominfo
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 109

Membangun perilaku positif dimulai dari mengenali diri sendiri. Hadir dalam panel komik dengan kisah sehari-hari yang ringan dan segar untuk generasi muda usia 12-25 tahun, buku ini bisa menjadi bacaan praktis sekaligus panduan bagi kaum muda untuk memperkuat karakter diri agar mampu bersikap dan bertindak positif tanpa takut tampil berbeda di tengah-tengah masyarakat.

 

2923 Downloads

Etika Dunia Siber

Title: Etika Dunia Siber
Series:
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Di era digital ini, internet sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Berbgai aktivitas kehidupan seperti bekerja, belajar, berkomunikasi, berbelanja dan sebagainya telah meggunakan teknologi ini sebagai media alat bantunya. Revolusi Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) telah menandai di mana informasi menjadi sebuah komoditi dan kekuatan yang menguasainya. Akan tetapi, derasnya arus informasi yang ada di internet membuat para penggunanya harus lebih berhati-hati dalam mengelola informasi tersebut, baik menerima, mencerna maupun menyampaikannya. Salah satu prinsip dasar dalam netiquette adalah “berperilakulah dengan baik terhadap orang di dunia siber, sebagaimana kita ingin orang berlaku hal yang sama terhadap kita”. Oleh karena itu perlu kehati-hatian agar tidak terjadi salah interpretasi dari apa yang kita sampaikan atau terima dalam berkomunikasi secara daring (online) ini.

2551 Downloads

Eksploitasi Seksual Anak di Ranah Online: Sebuah Ancaman Global

Title: Eksploitasi Seksual Anak di Ranah Online: Sebuah Ancaman Global
Series:
Published by: Tim ECPAT Indonesia
Release Date: 2018
Genre:

Eksploitasi seksual anak di ranah online telah menjadi ancaman global dalam beberapa dekade terakhir. Bahaya eksploitasi seksual anak di ranah online ini tidak hanya terjadi di negara berkembang, namun juga turut mengancam anak-anak di negara-negara maju. Artinya, kejahatan eksploitasi seksual anak di ranah online dapat mengancam siapa saja, termasuk anak-anak kita. Modul ini dibuat sebagai pengantar bagi para pendidik dan orang tua dalam memahami fenomena eksploitasi seksual anak di ranah online secara global. Modul ini menghimpun berbagai data, fakta, dan situasi eksploitasi seksual anak di ranah online dari tujuh negara di dunia yang mewakili negara maju dan berkembang, yaitu

Jepang, Inggris, Tiongkok, Kamboja, Filipina, Thailand dan India. Diharapkan, keberadaan modul ini dapat menjadi pijakan awal bagi berbagai pihak dalam merumuskan kebijakan dan memandu anak didik dalam memahami risiko di dunia online.

725 Downloads

Yuk, Lawan Hoaks Politik, Ciptakan Pemilu Damai!

Title: Yuk, Lawan Hoaks Politik, Ciptakan Pemilu Damai!
Series:
Published by: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM
Release Date: 1 Februari 2019
Genre:
Pages: 82
ISBN13: 978-602-71877-7-1

Dua hal yang patut disyukuri oleh warganet Indonesia adalah sistem demokrasi yang dirasakan sampai saat ini, antara lain kebebasa beropini dan berekspresi, memilih calon pemimpin secara langsung, serta kemajuan dunia digital yang luar biasa. Sayangnya, kesempatan tersebut dapat ikut ternodai dengan merebaknya hoaks politik yang disebarkan melalui berbagai platform media digital menjelang pemilu tahun 2019.

Hoaks ibarat racun bagi demokrasi dan berdampak destruktif sebab memicu konflik antarpendukung calon presiden dan wakil presiden.

Warganet yang tidak memahami literasi digital sangat rentan untuk turut memproduksi dan menyebarkan hoaks politik. Pada gilirannya hal ini akan menurunkan kualitas pemilu yang akan kita jalani. Oleh karena itu, memahami literasi digital dalam melawan hoaks politik adalah tanggung jawab warganet secara khusus dan kita semua tanpa terkecuali sebagai warga negara Indonesia.

Panduan literasi digital “Yuk, Lawan Hoaks Politik, Ciptakan Pemilu Damai!” ini memberikan penjelasan mengenai sepuluh tahapan kompetensi literasi digital ala Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) yang sedianya dapat diimplementasikan oleh warganet secara khusus untuk mencegah hoaks politik menjelang pemilu 2019.

Harapannya, panduan ini dapat berkontribusi dalam mewujudkan tahun politik yang kondusif dan memperbaiki kualitas demokrasi yang telah kita rasakan selama dua dekade ini.

Mari bersama lawan hoaks politik karena pemilu damai ada di tangan kita semua!

1238 Downloads

Cyberlaw dan Revolusi Industri 4.0

Title: Cyberlaw dan Revolusi Industri 4.0
Series:
Published by: LOGOZ Publishing
Release Date: Maret 2019
Contributors: DR. Danrivanto Budhijanto, S.H.,LL.M in IT Law FCBArb.
Genre:
Pages: 274
ISBN13: 978-602-9272-96-3

Revolusi Industri Keempat atau The Fourth Industrial Revolution (Revolusi Industri 4.0) telah membawa tantangan baru dalam pembentukan norma legislasi dan regulasi. Buku ini diawali dengan pemahaman historikal rezim cyberlaw di Indonesia dan pembahasan pilar-pilar norma cuberlaw dalam UU ITE 2016. Penulisan berikutnya adalah sui generis pada teoritikal cyberlaw dalam kerangka pembangunan di Indonesia. Pembahasan pamungkas adalag cyberlaw futurologikal cyberlaw dalam Revolusi Industri 4.0 sebagai pemahaman peran dan fungsi cyberlaw di masa kini dan mendatang.

 

2200 Downloads

Eksploitasi Seksual Pada Anak Online, Sebuah Pemahaman Bersama

Title: Eksploitasi Seksual Pada Anak Online, Sebuah Pemahaman Bersama
Series:
Published by: ECPAT
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 56
ISBN13: BN-60-156952

Eksploitasi seksual pada anak online kini merupakan masalah global yang berkembang dengan cepat dan butuh respons yang komprehensif. Butuh pemahaman bersama dari seluruh pemangku kepentingan untuk mencegah banyak persepsi yang salah tentang sifat dan isu ini. Seri lembar fakta ini memberikan sumber-sumber yang mudah dan siap digunakan oleh semua pihak yang tertarik dengan isu ini.

 

4011 Downloads

Privasi & Perlindungan Data Pribadi

Title: Privasi & Perlindungan Data Pribadi
Series:
Published by: banyumurti.net
Release Date: 2018
Contributors: Indriyatno Banyumurti
Genre:

Setiap Orang memiliki hak asasi manusia untuk dapat melindungi dirinya pribadi. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 28 G yang berbunyi: “Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi”. Perlidungan ini juga mencakup perlindungan data pribadinya. Setiap individu tentunya memiliki hak privasi atas data pribadi yang dimilikinya yaitu hak untuk dapat mengatur, mengedit, mengelola dan menghapus data pribadi yang dia miliki dan menentukan kapan, bagaimana dan untuk apa data tersebut dikomunikasikan kepada pihak lain.

2069 Downloads

Modul Meningkatkan Pemahaman Guru dalam Melindungi Anak dari Eksploitasi Seksual di Ranah Online

Title: Modul Meningkatkan Pemahaman Guru dalam Melindungi Anak dari Eksploitasi Seksual di Ranah Online
Series:
Published by: Tim ECPAT Indonesia
Release Date: 2018
Genre:

Modul ini digunakan untuk melatih para pendidik (guru) dan para pengambil kebijakan di sekolah, untuk memahami secara mandalam peta penggunaan internet di Indonesia, dengan menampilkan fakta-fakta yang terjadi dalam rentan 5 tahun terakhir (2013-2018). Dengan menggunakan dua sudut pandang, pertama menyajikan kasus-kasus yang terjadi akibat salah dalam penggunaan internet, kedua menyajikan sisi positif penggunaan internet, diharapkan mampu memotret fakta-fakta secara jernih dan berimbang dalam memahami persoalan

dalam dunia digital. Para peserta pelatihan juga akan dibantu melihat akar persoalan yang menyebabkan anak didik (murid) terjebak dalam kecanduan internet, terkontaminasi pornografi, dan berisiko mengalami eksploitasi seksual online. Keberadaan modul ini memang tidak akan mampu menjawab keseluruhan persoalan yang muncul dalam dunia digital, namun modul ini akan sangat baik digunakan sebagai early warning system dalam memandu anak didik (murid) dalam memahami sisi positif dan negatif dalam dunia digital.

713 Downloads

Buku Desa Cerdas

Title: Buku Desa Cerdas
Series:
Published by: Center for Digital Society & Institute of Governance and Public Affairs Universitas Gadjah Mada
Release Date: Maret 2019
Contributors: Anang Dwi Santoso, S.AP, MPA., Cinintya Audori Fathin, S.IP., Kurnia Cahyaningrum Effendi, S.IP., Arif Novianto, S.IP., Haening Ratna Sumiar, S.Psi., Dewa Ayu Diah Angendari, S.IP, MA., Birgitta Purnama Putri, S.IP, MSc., Dr. Erwan Agus Purwanto & Dr. Dedy Permadi (eds)
Genre:
Pages: 121
ISBN13: 978-602-61053-4-9

Buku ini mengelaborasi perkembangan desa cerdas di Indonesia dengan menekankan pada empat studi kasus berdasarkan pada pilar smart village, yang meliputi: smart tourism, smart economy, smart governance, dan, smart living. Keempat studi kasus tersebut menyajikan dinamika pengembangan desa cerdas berdasarkan potensi dari desa masing-masing yang cenderung memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lain. Dengan buku ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran bagi desa-desa di Indonesia tentang bagaimana mengembangkan desa cerdas untuk menjawab tantangan fenomena Revolusi Industri 4.0.

2391 Downloads

Yuk, Temani Anak Berinternet!

Title: Yuk, Temani Anak Berinternet!
Series:
Published by: Program Magister Ilmu Komunikasi UGM
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 42
ISBN13: 978-602-71877-4-0

Buku Yuk, Temani Anak Berinternet adalah jawaban sederhana bagi orangtua maupun orang dewasa lainnya dalam menemani anak-anak bermain internet. Buku panduan ini terbagi atas dua bagian besar tip-tip menemani anak berinternet. Bagian pertama untuk menemani anak berusia pra sekolah (2-5 tahun). Bagian kedua untuk anak usia sekolah (6-12 tahun).

 

3164 Downloads