Kebijakan Cybersecurity dalam Perspektif Multistakeholder

Title: Kebijakan Cybersecurity dalam Perspektif Multistakeholder
Published by: ICT Watch
Release Date: 2018
Genre:
Pages: 86

Kompleksnya isu cybersecurity hingga keberagaman multistakeholder yang terlibat dalam cybersecurity memberikan tantangan tersendiri dalam upaya menghadapi cybersecurity. Mulai dari belum adanya definisi yang ajeg, hingga ancaman terkait cybersecurity yang mempengaruhi pembuatan kebijakan, serta upaya yang diambil untuk menghadapi ancaman-ancaman tersebut. Dilengkapi dengan studi kasus, buku ini memberikan gambaran bagi Anda yang tertarik menggeluti isu ini.

 

3493 Downloads

Literasi Digital bagi Millenial Moms

Title: Literasi Digital for Millenial Moms
Series:
Published by: Penerbit Samudra Biru
Release Date: Februari 2019
Contributors: Indah Wenerda, M.A dan Intan Rawit Sapanti, M.A
Genre:
Pages: 60
ISBN13: 978-623-7080-03-9

Millennials moms merupakan ibu-ibu yang lahir di era tahun 80an dan akhir 90an yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) termasuk internet. Untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, para ibu milenial sangat bergantung pada informasi yang dihadirkan di internet dan media sosial. Permasalahan yang kemudian dihadapi para ibu milenial yaitu kebingungan dan ambiguitas informasi karena tidak terbatasnya informasi yang didapat dari media digital saat ini, sehingga  terkadang malah menimbulkan masalah baru. Dalam buku ini terdapat pemahaman mengenai kompetensi digital dan sepuluh tahapan pendekatan literasi digital bagi para ibu milenial supaya dapat semakin bijak dalam menyikapi informasi di era media digital.

391 Downloads

Batik Siberkreasi

Title: Batik Siberkreasi
Published by: GCBMI
Release Date: 2018
Genre:

Buku ini melaporkan gerakan penciptaan “Batik Siberkreasi” sebagai wujud dukungan terhadap Gerakan Nasional Literasi Digital “Siberkreasi”. Dimulai dari “pen-canting-an” pertama oleh Menkominfo Rudiantara (26 Oktober 2017) hingga lahirnya “Kampung Batik Manding Siberkreasi” yang diresmikan Menkominfo Rudiantara (2 Oktober 2018). Gerakan penciptaan “Batik Siberkreasi” adalah wujud revitalisasi batik dan media digital dari krisis yang terjadi. Krisis media digital terjadi akibat penyalahgunaan seperti hoax, ujaran kebencian, cyber bullying, cyber radicalism, pornografi, dsb. Sedangkan batik juga mengalami krisis karena fungsinya sebagai media untuk menyampaikan pesan positif berkurang. Dulu, motif dan ornamen batik selalu mengandung makna filosofis dan ajaran luhur. Batik sekarang cenderung hanya menjadi komoditas. Orang suka batik karena indah atau mewahnya saja. Gerakan pengkaryaan “Batik Siberkreasi” membangkitkan batik dan media digital sebagai media-media konten positif. Buku ini juga memberi petunjuk praktis bagi para pemula untuk berkarya batik. Dengan demikian budaya batik sebagai media konten positif sebagaimana diapresiasi oleh UNESCO, akan ditumbuhkan kembali.

713 Downloads

Buku Saku Pedoman Pembiayaan PATBM

Title: Buku Saku Pedoman Pembiayaan PATBM
Published by: KPPPA
Genre:
ISBN13: 978-602-6571-18-2

Buku ini disajikan dalam bentuk buku saku dengan format tanya jawab dengan harapan memudahkan pembaca memahami isi buku secara cepat. Buku ini diharapkan menjadi panduan bagi aktivis PATBM di tingkat Desa/kelurahan, terutama bagaimana mengadvokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) agar dapat mendanai kegiatan PATBM. Selain itu, buku ini juga memuat penjelasan bagaimana advokasi agar kegiatan PABTM di tingkat kelurahan bisa didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten/Kota.

318 Downloads

Yuk, Jadi Gamer Cerdas: Berbagi Informasi Melalui Literasi

Title: Yuk, Jadi Gamer Cerdas: Berbagi Informasi Melalui Literasi
Published by: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM
Release Date: 2018
Genre:
ISBN13: 978-602-71877-5-7

Buku ini memberikan panduan untuk gamer (pemain game) remaja awal yang berumur 13 tahun sampai 18 tahun. Gamer yang menjadi fokus target audiens/pembaca buku ini merupakan para pemain dan pengakses game melalui gadget atau telepon seluler. Panduan akan berisi mengenai beragam cara dalam menyikapi kehadiran game portable melalui perangkat komunikasi anak muda. Dalam buku ini kita akan menjumpai sepuluh tahapan kompetensi literasi digital japelidi. Kesepuluh tahapan ini berisi beragam informasi dan tips bagi gamer remaja yang terpapar secara langsung dan kontinyu dalam bermain game online melalui gadget mereka.

848 Downloads

Pedoman Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)

Title: Pedoman Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)
Published by: KPPPA
Release Date: 2017
Genre:
ISBN13: 978-602-6571-23-6

Buku ini menjelaskan Pedoman Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Pedoman Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yaitu Pedoman yang berisikan langkah-langkah dalam mengembangkan gerakan masyarakat, meliputi tata kelola, pendanaan/pembiayaan, pengelolaan sumberdaya masyarakat, pengelolaan informasi dan mobilisasi masyarakat. Kiranya Pedoman PATBM ini dapat dijadikan acuan dalam mewujudkan perlindungan anak dengan melibatkan peran serta masyarakat di tingkat desa/kelurahan.

633 Downloads

Muslim Millenial Ramah Digital

Title: Muslim Millenial Ramah Digital
Series:
Published by: Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Release Date: 2018
Genre:

Saat ini Indonesia sebagai negara yang punya penduduk Islam terbesar di dunia tengah mengalami kemajuan di bidang teknologi internet. Generasi muslim millennial sebagai pengguna internet yang bijak dalam memakai teknologi digital punya peluang besar buat buktiin kebenaran ajaran Islam yang universal. Sebab perubahan bagi Islam itu sebuah keniscayaan. Kreativitaslah yang menjadi cara buat menyiasati, mengelola, dan mengarahkan perubahan ke arah yang lebih beradab, berbudaya dan berkemajuan. Nah, buku panduan sederhana ini bakal berisi penjelasan tentang apa yang kudu kamu lakuin sebagai pengguna media sosial yang aktif dan kritis saat nemu konten-konten yang arahnya ke propaganda radikalisme. Oleh karena itu, buku ini bakal nyajiin sepuluh tahapan literasi digital yang terbagi dalam dua bagian besar. Pertama, dijelasin tentang sepuluh tahapan literasi digital yang dikembangkan oleh Jaringan pegiat Literasi Digital (Japelidi). Kedua, dijelasin tentang sepuluh tahapan literasi digital Japelidi yang bisa dilakukan oleh pengakses media sosial buat menyikapi berbagai informasi tentang pemahaman radikal negatif.

887 Downloads

Isu-isu Masyarakat Digital Kontemporer

Title: Isu-isu Masyarakat Digital Kontemporer
Published by: CfDS UGM
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 263

Dalam waktu singkat, perkembangan dan inovasi di semua dimensi kehidupan melaju pesat sebagai dampak nyata dari keberadaan internet di era digital. Meskipun begitu, revolusi yang begitu cepat ini juga turut membawa masalah-masalah yang ikut berevolusi juga. Dikupas secara mendalam dan bersandar pada kaidah-kaidah penulisan ilmiah, buku ini menggabungkan beberapa hasil penelitian tentang isu-isu yang muncul di era digital kontemporer. Dari peran media sosial dalam gerakan sosial agraria, fenomena mikroselebritas di Instagram, e-commerce, hingga geliat gerakan terorisme di dunia maya.

 

4284 Downloads

Yuk, Tanggap & Bijak Berbagi Informasi Bencana Alam Melalui Aplikasi Chat

Title: Yuk, Tanggap & Bijak Berbagi Informasi Bencana Alam Melalui Aplikasi Chat
Published by: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada
Release Date: 2018
Genre:
ISBN13: 978-602-71877-6-4

Sebagai negara kepulauan yang terletak di sepanjang khatulistiwa dan cincin api Pasifik, Indonesia adalah salah satu negara yang rawan bencana alam. Kesiapan masyarakat untuk menghadapi bencana alam terutama terkait dengan informasi yang simpang siur saat bencana alam terjadi, tentu sangat diperlukan.

Buku Panduan Literasi Digital ini memberikan penjelasan mengenai tahapan yang harus dilakukan untuk menjadi pengguna aplikasi chat yang tanggap dan bijak dalam berbagi informasi saat bencana alam terjadi. Panduan ini disusun atas sejumlah tahapan dalam kompetensi literasi digital yang terbagi dalam dua bagian besar. Pertama, penjelasan mengenai konsep literasi digital dan sepuluh tahapan literasi digital yang dikembangkan oleh Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi). Kedua, penjelasan mengenai sepuluh tahapan kompetensi literasi digital Japelidi yang bisa dilakukan oleh pengguna aplikasi chat dalam menyikapi berbagai informasi bencana alam yang tersebar di dalamnya terutama pada saat bencana alam berlangsung.

3466 Downloads

SSO Eksploitasi Seksual Anak di Ranah Online Untuk Anak

Title: SSO Eksploitasi Seksual Anak di Ranah Online Untuk Anak
Published by: Tim ECPAT Indonesia
Genre:

Sebuah modul edukasi tentang eksploitasi seksual anak di ranah online untuk program “Smart School Online”. Secara khusus modul ini memberikan panduan bagi fasilitator agar dapat berperan lebih optimal dalam mengedukasi anak dan orang muda dengan mengedepankan upaya pencegahan dan memberikan respon yang tepat bila mendapati situasi eksploitasi seksual anak yang terjadi di ranah online. Modul ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak dan orang muda tentang definisi, bentuk-bentuk eksploitasi seksual anak di ranah online dan gambaran umum kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Modul ini juga mengajak anak dan orang muda untuk mengenali jenis-jenis pelaku eksploitasi seksual anak di ranah online serta mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya eksploitasi seksual anak di ranah online.

345 Downloads