Literasi Media & Informasi dan Citizenship

Title: Literasi Media & Informasi dan Citizenship
Series:
Published by: Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Release Date: Februari 2019
Contributors: MC Ninik Sri Rejeki, Ranggabumi Nuswantoro, Dhyah Ayu Retno Widyastuti, Olivia Lewi Pramesti, Theresia D. Wulandari, Fransisca Anita Herawati, & Irene Santika Vidiadari
Genre:
Pages: 97
ISBN13: 978-602-50218-3-1

Media dikenal secara luas sebagai alat bantu bagi warga negara untuk mengambil keputusan yang berbasis informasi. Dalam konteks ini, informasi menjadi “darah” bagi kehidupan masyarakat dan media adalah urat nadi demokrasi. Karena itu menjaga informasi sangat penting bagi setiap warga negara.

Literasi Media dan Informasi (LMI) adalah pendidikan seumur hidup (lifelong education). LMI memberdayakan masyarakat di setiap langkah kehidupannya, membantu pengembangan dirinya guna mencapai kehidupan yang lebih baik secara sosial dan politik.

Karena itu, LMI menjadi kebutuhan dasar di era digital. Dengan kata lain pada dasarnya literasi media dan informasi bertujuan sebagai alat perubahan sosial ke arah yang lebih baik dalma berhubungan dengan dunia media dan informasi digital.

Buku ini merupakan salah satu produk dari pengembangan materi kuliah serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lingungkungan Program Studi Ilmu Kominukasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Buku ini ditujukkan bagi kelompok remaja yang secara sengaja dikaitkan dengan persoalan sosial-politik sesuai dengan bidang kajian keilmuan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, khususnya Prodi Ilmu Komunikasi.

404 Downloads