Literasi Media: Kurikulum, Panduan Fasilitator, dan Panduan Materi Narasumber “Menuju Masyarakat Indonesia Cakap Literasi Media”

Title: Literasi Media: Kurikulum, Panduan Fasilitator, dan Panduan Materi Narasumber “Menuju Masyarakat Indonesia Cakap Literasi Media”
Series:
Published by: Mafindo
Release Date: Maret 2022
Contributors: Heni Mulyati, Purnama Ayu Rizky, Dedy Helsyanto, Ni Made Ras Amanda G, Lintang Ratri Rahmiaji, M Rizki Yudha Prawira, Zainuddin Muda Z. Monggilo, Anto Prabowo, J Heru Margianto
Genre:
Pages: 128

Banjir informasi yang menghampiri semua orang hari-hari ini jadi simalakama. Di satu sisi, bisa mempermudah kita mengakses informasi, tapi di sisi lain, butuh kejelian memilah informasi dengan jernih agar tak terjebak pada misinformasi, malinformasi, termasuk hoaks yang merusak berpikir kritis publik.
Oleh karena itu, agar tidak tersesat di tengah konstelasi media hari-hari ini, masyarakat membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dasar literasi media. Melihat luasnya kajian literasi media, buku panduan ini membatasi pada literasi berita dan literasi informasi.
Buku panduan yang disusun oleh Mafindo dengan didukung Internews dan mitra-mitra terkait, kemudian menjadi penting sebagai pedoman menyeleksi pesan-pesan di media. Panduan yang termaktub di dalamnya bersifat praktis, sehingga siapa pun yang ingin menggunakan dapat menyelenggarakan pelatihan literasi media yang selaras dengan tujuan pelatihan.
Terdapat empat bagian buku panduan, yaitu kurikulum literasi media, panduan bagi fasilitator, panduan narasumber, dan ulasan mitra dan pakar terkait dengan literasi media. Bagian awal mengenalkan kurikulum literasi media yang dirangkum dari berbagai referensi. Panduan fasilitator harapannya dapat memandu sesi dengan baik, terstruktur, dan sistematis. Panduan narasumber menjadi acuan narasumber untuk mengembangkan materi yang sesuai dengan kerangka kompetensi literasi media. Bagian terakhir berisi tentang tulisan pakar dan mitra Mafndo tentang literasi media.
Modul ini juga cukup bernas karena di tahap awal penyusunan sudah dilakukan diskusi kelompok terarah yang melibatkan pelbagai entitas terkait, termasuk jurnalis, mahasiswa komunikasi, dan praktisi media. Hasilnya adalah pedoman kurikulum literasi media yang komprehensif dan digadang-gadang bisa diajarkan hingga di level akar rumput sekalipun.
Sebagai pelengkap, sebagian mitra yang sebelumnya diundang dalam sesi diskusi (Ni Made Ras Amanda G, Lintang Ratri Rahmiaji, M Rizki Yudha Prawira, Zainuddin Muda Z. Monggilo, Anto Prabowo, dan J Heru Margianto) juga turut menyumbangkan pemikiran dan refleksinya tentang literasi media di Indonesia. Ini tentu saja membuat buku panduan ini menjadi paket komplit yang bisa memberi andil dalam ikhtiar membangun ekosistem informasi yang aman bagi semua di jagat maya.

3 Downloads