Yuk, Lawan Hoaks Politik, Ciptakan Pemilu Damai!

Title: Yuk, Lawan Hoaks Politik, Ciptakan Pemilu Damai!
Series:
Published by: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM
Release Date: 1 Februari 2019
Genre:
Pages: 82
ISBN13: 978-602-71877-7-1

Dua hal yang patut disyukuri oleh warganet Indonesia adalah sistem demokrasi yang dirasakan sampai saat ini, antara lain kebebasa beropini dan berekspresi, memilih calon pemimpin secara langsung, serta kemajuan dunia digital yang luar biasa. Sayangnya, kesempatan tersebut dapat ikut ternodai dengan merebaknya hoaks politik yang disebarkan melalui berbagai platform media digital menjelang pemilu tahun 2019.

Hoaks ibarat racun bagi demokrasi dan berdampak destruktif sebab memicu konflik antarpendukung calon presiden dan wakil presiden.

Warganet yang tidak memahami literasi digital sangat rentan untuk turut memproduksi dan menyebarkan hoaks politik. Pada gilirannya hal ini akan menurunkan kualitas pemilu yang akan kita jalani. Oleh karena itu, memahami literasi digital dalam melawan hoaks politik adalah tanggung jawab warganet secara khusus dan kita semua tanpa terkecuali sebagai warga negara Indonesia.

Panduan literasi digital “Yuk, Lawan Hoaks Politik, Ciptakan Pemilu Damai!” ini memberikan penjelasan mengenai sepuluh tahapan kompetensi literasi digital ala Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) yang sedianya dapat diimplementasikan oleh warganet secara khusus untuk mencegah hoaks politik menjelang pemilu 2019.

Harapannya, panduan ini dapat berkontribusi dalam mewujudkan tahun politik yang kondusif dan memperbaiki kualitas demokrasi yang telah kita rasakan selama dua dekade ini.

Mari bersama lawan hoaks politik karena pemilu damai ada di tangan kita semua!

359 Downloads