Yuk, Jadi Gamer Cerdas: Berbagi Informasi Melalui Literasi

Title: Yuk, Jadi Gamer Cerdas: Berbagi Informasi Melalui Literasi
Series:
Published by: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM
Release Date: 2018
Genre:
ISBN13: 978-602-71877-5-7

Buku ini memberikan panduan untuk gamer (pemain game) remaja awal yang berumur 13 tahun sampai 18 tahun. Gamer yang menjadi fokus target audiens/pembaca buku ini merupakan para pemain dan pengakses game melalui gadget atau telepon seluler. Panduan akan berisi mengenai beragam cara dalam menyikapi kehadiran game portable melalui perangkat komunikasi anak muda. Dalam buku ini kita akan menjumpai sepuluh tahapan kompetensi literasi digital japelidi. Kesepuluh tahapan ini berisi beragam informasi dan tips bagi gamer remaja yang terpapar secara langsung dan kontinyu dalam bermain game online melalui gadget mereka.

2954 Downloads

Pedoman Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)

Title: Pedoman Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)
Series:
Published by: KPPPA
Release Date: 2017
Genre:
ISBN13: 978-602-6571-23-6

Buku ini menjelaskan Pedoman Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Pedoman Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yaitu Pedoman yang berisikan langkah-langkah dalam mengembangkan gerakan masyarakat, meliputi tata kelola, pendanaan/pembiayaan, pengelolaan sumberdaya masyarakat, pengelolaan informasi dan mobilisasi masyarakat. Kiranya Pedoman PATBM ini dapat dijadikan acuan dalam mewujudkan perlindungan anak dengan melibatkan peran serta masyarakat di tingkat desa/kelurahan.

1973 Downloads

Muslim Millenial Ramah Digital

Title: Muslim Millenial Ramah Digital
Series:
Published by: Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Release Date: 2018
Genre:

Saat ini Indonesia sebagai negara yang punya penduduk Islam terbesar di dunia tengah mengalami kemajuan di bidang teknologi internet. Generasi muslim millennial sebagai pengguna internet yang bijak dalam memakai teknologi digital punya peluang besar buat buktiin kebenaran ajaran Islam yang universal. Sebab perubahan bagi Islam itu sebuah keniscayaan. Kreativitaslah yang menjadi cara buat menyiasati, mengelola, dan mengarahkan perubahan ke arah yang lebih beradab, berbudaya dan berkemajuan. Nah, buku panduan sederhana ini bakal berisi penjelasan tentang apa yang kudu kamu lakuin sebagai pengguna media sosial yang aktif dan kritis saat nemu konten-konten yang arahnya ke propaganda radikalisme. Oleh karena itu, buku ini bakal nyajiin sepuluh tahapan literasi digital yang terbagi dalam dua bagian besar. Pertama, dijelasin tentang sepuluh tahapan literasi digital yang dikembangkan oleh Jaringan pegiat Literasi Digital (Japelidi). Kedua, dijelasin tentang sepuluh tahapan literasi digital Japelidi yang bisa dilakukan oleh pengakses media sosial buat menyikapi berbagai informasi tentang pemahaman radikal negatif.

2775 Downloads

Privasi Mbarek Perlindhungan Data Pribadi

Title: Privasi Mbarek Perlindhungan Data Pribadi
Published by: Kominfo
Release Date: 2021
Contributors: Kominfo
Genre:

Perlindhungan iki yo klebu perlindhungan tekan data pribadine. Adhasar tekan Peraturan Menteri Komunikasi mbarek Informatika (Menkominfo) No 20 Taun 2016 sing isine tentang Perlindhungan Data Pribadi nang Sistem Elektronik, definisi Data Pribadi tertentu yaiku data sing disimpen, dijaga, mbarek dijaga bener ora ne mbarek dilindhungi kerahasiaanne. Lek Data Perseorangan Tertentu yaiku kabeh keterangan sing bener mbarek nyata sing nemplek mbarek isa diidentifikasi, langsung utawa ora langsung, nang saben wong sing pemanfaatanne sesuai karo ketentuan peraturan

213 Downloads

Pemanfaatan Telemedis sebagai “New Normal” di Sektor Kesehatan: Kasus Indonesia

Title: Pemanfaatan Telemedis sebagai "New Normal" di Sektor Kesehatan: Kasus Indonesia
Series:
Published by: CfDS
Release Date: 2022
Genre:

Pandemi COVID-19 mendorong pada maraknya penerapan telemedis di Indonesia dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, seperti efisiensi dan kemudahan akses. Namun, dalam implementasinya, teknologi juga memerlukan perhatian serius, termasuk prevalensi kesenjangan digital hingga keamanan. Seri studi kasus ini membahas mengenai upaya pemerintah, sektor swasta, masyarakat dalam kerja sama untuk mitigasi dampak sosial ekonomi dan keamanan penerapan telemedis di Indonesia.

59 Downloads

Yuk, Sahabat Perempuan Bertransaksi Daring dengan Cermat

Title: Yuk, Sahabat Perempuan Bertransaksi Daring dengan Cermat
Published by: Japelidi
Release Date: 2022
Genre:

Buku panduan ini memberikan penjelasan mengenai sepuluh tahapan kompetensi literasi digital yang dirumuskan oleh Japelidi. Panduan ini berisikan kiat-kiat praktis untuk Sahabat Perempuan dalam berpraktik baik saat melakukan transaksi daring baik sebagai pembeli maupun penjual.

30 Downloads

Internet untuk Mengembangkan Usaha Mikro dan Kecil dan Menengah (UMKM)

Title: Internet untuk Mengembangkan Usaha Mikro dan Kecil dan Menengah (UMKM)
Published by: Common Room
Release Date: 2022
Genre:

Pandemi Covid-19 secara signifikan berdampak pada sektor ekonomi di Indonesia, terutama bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengalami kesulitan untuk bertahan dan berkembang. Buku ini memberikan jawaban melalui kajian bagaimana memanfaatkan teknologi internet bagi migrasi UMKM dari ranah luring ke ranah daring. Buku ini berkontribusi penting bagi perkembangan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa.

103 Downloads

Isu-isu Masyarakat Digital Kontemporer

Title: Isu-isu Masyarakat Digital Kontemporer
Published by: CfDS UGM
Release Date: 2017
Genre:
Pages: 263

Dalam waktu singkat, perkembangan dan inovasi di semua dimensi kehidupan melaju pesat sebagai dampak nyata dari keberadaan internet di era digital. Meskipun begitu, revolusi yang begitu cepat ini juga turut membawa masalah-masalah yang ikut berevolusi juga. Dikupas secara mendalam dan bersandar pada kaidah-kaidah penulisan ilmiah, buku ini menggabungkan beberapa hasil penelitian tentang isu-isu yang muncul di era digital kontemporer. Dari peran media sosial dalam gerakan sosial agraria, fenomena mikroselebritas di Instagram, e-commerce, hingga geliat gerakan terorisme di dunia maya.

 

9491 Downloads

Yuk, Tanggap & Bijak Berbagi Informasi Bencana Alam Melalui Aplikasi Chat

Title: Yuk, Tanggap & Bijak Berbagi Informasi Bencana Alam Melalui Aplikasi Chat
Series:
Published by: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada
Release Date: 2018
Genre:
ISBN13: 978-602-71877-6-4

Sebagai negara kepulauan yang terletak di sepanjang khatulistiwa dan cincin api Pasifik, Indonesia adalah salah satu negara yang rawan bencana alam. Kesiapan masyarakat untuk menghadapi bencana alam terutama terkait dengan informasi yang simpang siur saat bencana alam terjadi, tentu sangat diperlukan.

Buku Panduan Literasi Digital ini memberikan penjelasan mengenai tahapan yang harus dilakukan untuk menjadi pengguna aplikasi chat yang tanggap dan bijak dalam berbagi informasi saat bencana alam terjadi. Panduan ini disusun atas sejumlah tahapan dalam kompetensi literasi digital yang terbagi dalam dua bagian besar. Pertama, penjelasan mengenai konsep literasi digital dan sepuluh tahapan literasi digital yang dikembangkan oleh Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi). Kedua, penjelasan mengenai sepuluh tahapan kompetensi literasi digital Japelidi yang bisa dilakukan oleh pengguna aplikasi chat dalam menyikapi berbagai informasi bencana alam yang tersebar di dalamnya terutama pada saat bencana alam berlangsung.

4980 Downloads